Perawatan untuk peralatan yang sedang tidak dioperasikan dalam waktu lama

Perawatan untuk peralatan yang sedang tidak dioperasikan dalam waktu lama ditujukan pada peralatan industri seperti mesin produksi, alat berat dan kendaraan pengangkut untuk mencegah terjadinya kerusakan saat peralatan tersebut berhenti operasi dalam waktu lama contohnya terjadi korosif, kotor / lembab / lengket dan kerusakan akibat bagian didalam peralatan dijadikan sarang tikus, kecoa, semut dan ular

Penyebab peralatan sedang tidak dioperasikan dalam waktu lama antara lain karena sepi order, perusahaan sedang dibekukan pemerintah terkait adanya ketentuan pelanggaran perusahaan, SIUP dan perizinan perusahaan lainnya sudah kadaluarsa, bencana alam sehingga pabrik berhenti produksi menunggu pembangunan infrastruktur selesai terlebih dulu.

Ada 2 kemungkinan masa depan pabrik selanjutnya, apakah penutupan usaha atau bertahan mencari jalan keluar memulihkan kondisi seperti kondisi semula. Mindset positif akan memilih opsi kedua untuk bertahan sampai kondisi kembali seperi semula.

Solusi masalah ini adalah program perawatan
  1. Pemanasan
  2. Pelumasan
  3. Sterilisasi
Pemanasan diterapkan pada mesin produksi, alat berat dan kendaraan pengangkut, pelumasan diterapkan pada peralatan bukan mesin berbahan dasar logam seperti sparepart dan support mesin / peralatan dan sterilisasi diterapkan untuk mencegah atau mengusir binatang liar bersarang di peralatan.

Siapa pelaksana pemanasan, pelumasan dan sterilisasi ini sementara pekerja sudah banyak dirumahkan karena belum ada proses produksi?

Secara umum semua pekerja sebagian besar dirumahkan sambil menunggu pemulihan kondisi pabrik. Sedangkan semua maintenance tetap bekerja dan bertanggung jawab terhadap pemanasan, pelumasan dan sterilisasi ini.

Kenapa semua maintenance tetap bekerja?

Ketika terjadi situasi seperti ini maka terdapat pengurangan pekerjaan maintenance berupa perbaikan peralatan tetapi disaat sama muncul tambahan pekerjaan maintenance berupa perawatan peralatan yang tidak dioperasikan dalam waktu lama sehingga beban pekerjaan maintenance tetap sama.

Perawatan Pemanasan

Meliputi perawatan pemanasan mesin produksi, alat berat dan kendaraan pengangkut. Pelaksanaan perawatan pemanasan ini merupakan bagian dari program kerja perawatan terencana (preventive maintenance) tambahan Maintenance.

Petunjuk pelaksanaan perawatan pemanasan peralatan ini sebaiknya dipisahkan dari SOP perawatan berkala atau SOP preventive maintenance dan dibuat baru sebagai SOP perawatan pemanasan mesin produksi atau SOP perawatan pemanasan alat berat dan kendaraan pengangkut.

1. Mesin Produksi

Perawatan pemanasan mesin produksi dan juga mesin utility dilakukan setiap hari. Durasi pemanasan sekitar 10 menit. Sebelum mulai melakukan pemanasan mesin produksi, lakukan pembersihan pada mesin produksi atau jika diperlukan disemprot angin compressor portable di area susah dijangkau tangan saat pembersihan tersebut.

Pastikan juga kondisi panel listrik bersih. Pastikan bahwa mesin produksi tidak sedang perbaikan yang belum selesai. Lakukan langkah start up mesin produksi sesuai panduan instruksi kerja atau SOP pengoperasian mesin produksi dimaksud.

Operasional mesin produksi ini tanpa beban, jika diharuskan memakai beban maka gunakan beban diluar proses produksi dan sesuai kapasitasnya.

Lakukan pemantauan pada keadaan - keadaan abnormal seperti adanya bunyi kasar, parameter - parameter dibawah standar, kecepatan gerak mesin dan lainnya tergantung dari mesin tersebut.

Setelah sekitar 10 menit, lakukan proses shutting down mesin produksi ini berdasarkan SOP pengoperasian mesin produksi dimaksud. Catat hour meter sebelum dan sesudah pemanasan mesin produksi berikut waktu dilakukan pemanasan mesin produksi tersebut

Jika ditemukan keadaan abnormal segera dilakukan perbaikan dan laporkan kepada kepala maintenance secara langsung maupun melalui report

2. Alat Berat

Contoh alat berat diantaranya hydraulic excavator, wheel loader, forklift dan hoist crane. Waktu pemanasan alat berat setiap hari durasi pemanasan sekitar 10 menit.

Bersihkan body bagian luar tetapi jangan menggunakan angin agar menghindari debu terdorong masuk ke bagian lebih dalam seperti masuk area radiator dan engine. Pembersihan memakai semprot angin hanya untuk arm guard radiator dan arm guard engine dengan terlebih dulu dilepaskan, dibersihkan di tempat terpisah.

Pembersihan filter udara dibersihkan manual sampai kotoran turun. Selanjutnya bisa disemprot angin compressor tekanan sangat rendah dan arah penyemprotan dari dalam filter udara ke arah luar.

Hidupkan engine, lakukan moving semua sistem hydraulic dan mekanik jika ada bunyi abnormal maka tambahkan grease. Periksa level oli mesin dan level oli hydraulic. Setelah 10 menit pemanasan berlangsung matikan kembali engine.

3. Kendaraan Pengangkut

Kendaraan pengangkut pabrik dioperasikan mengangkut finish goods ke pelanggan, mengambil material utama dari pemasok jika pemasok belum menyediakan kendaraan dan mengangkut barang antar gudang.

Contoh kendaraan pengangkut : engkel, dump truck, long bak, wing box dan container trailer. Biasanya industri belum memiliki banyak kendaraan pengangkut kecuali pada industri tertentu seperti industri pengolahan limbah B3 akan memiliki armada angkut ratusan unit.

Waktu pemanasan kendaraan pengangkut setiap hari durasi pemanasan sekitar 10 menit.

Kendaraan pengangkut ini akan dilepas batere / accu untuk menghindari konsleting tetapi dengan adanya pemanasan mesin setiap hari, pelepasan battere tidak diperlukan.

Hidupkan mesin, lakukan moving semua fungsi termasuk fungsi hydraulic dump truck . Setelah 10 menit pemanasan berlangsung, matikan kembali engine.

Hasil perawatan pemanasan peralatan yang tidak dioperasikan ini masuk dalam form daily preventive maintenance masing - masing peralatan tersebut dan closing dari schedule daily PM petugas maintenance bersangkutan.

Report ini masuk dalam katagori catatan mutu level 4 yang diperlukan untuk kepentingan audit atau pemenangan tender project untuk perusahaan PMA.

Perawatan pemanasan di atas tidak berlaku terhadap pemanasan genset dan aset bergerak tersimpan karena pemanasan genset dan pemanasan aset bergerak tersimpan adalah bagian dari SOP perawatan berkala genset dan SOP perawatan berkala aset tersimpan tersebut yang mensyaratkan adanya perawatan pemanasan yang tidak dipengaruhi dari ada tidaknya operasional proses produksi.

Perawatan berkala genset dan perawatan aset bergerak diulas dalam artikel terpisah.

Perawatan Pelumasan

Perawatan pelumasan diterapkan pada peralatan bukan mesin berbahan dasar logam seperti sparepart dan support mesin produksi.

Sparepart logam meliputi sparepart baru di gudang sparepart dan sparepart bekas yang masih bisa dipakai lagi di area mekanik. Keduanya harus diberikan pelumasan dengan melapisi permukaannya menggunakan grease agar mencegah korosif.

Cukup 1 kali memberikan pelumasan ini sampai kondisi pabrik kembali pulih sehingga setelah dilapisi grease selanjutnya disimpan rapi bila perlu dibungkus terlebih dulu menggunakan strech film/

Perawatan Strerilisasi

Perawatan sterilisasi untuk mengusir binatang liar bersarang di peralatan seperti tikus, kecoak, semut dan ular.

Sterilisasi bisa menggunakan alat elektronik pengusir binatang tetapi sebaiknya memperhatikan dampak dari penggunaan alat ini apakah berbahaya bagi keselamatan manusia karena cara operasi alat ini menggunakan frekuensi suara tertentu dan berpotensi menyakitkan gendang telinga atau menyebabkan keguguran.

Disarankan saat menghidupkan alat pengusir binatang ini hanya malam hari yaitu ketika akan meninggalkan pekerjaan dan mematikannya saat kembali ke pekerjaan pagi hari berikutnya.

0 Comments