Aplikasi Android Ini Bisa Digunakan Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Hasil Pekerjaan

Beberapa aplikasi android ini bisa digunakan sebagai alat bantu dalam meningkatkan hasil pekerjaan karena berhubungan dengan kecepatan komunikasi sosialisasi untuk kecepatan kesepahaman manajemen perusahaan serta kecepatan kesepahaman diantara para pekerja dalam memutuskan suatu tindakan dan kecepatan komunikasi sosialisasi ini akan mengurangi sejumlah pemborosan waktu, material serta biaya yang mempengaruhi gross profit.

Berikut 6 aplikasi android pilihan sebagai alat bantu meningkatkan hasil pekerjaan versi seputarpabrik.com
  1. WhatsApp
  2. Telegram
  3. Gmail
  4. Google Calendar
  5. Trello
  6. OneDrive

1. WhatsApp dari Facebook

Aplikasi ini paling populer dan paling banyak digunakan untuk chatting, panggilan suara, video call, teleconference, pengiriman data dan gambar. WhatsApp digunakan sebagai alat bantu meningkatkan hasil pekerjaan melalui kecepatan komunikasi dan sosialisasi yang berhubungan masalah pekerjaan.

2. Telegram dari Telegram FZ-LLC

Chatting, panggilan suara, pengiriman data dan gambar berjalan pada platform android, iOS, Window Phones, Window, Mac OS dan Linux.

Setiap perangkat dengan platform tersebut maka telegram mampu dibuka secara bersama - sama. Misalnya saat di kantor telegram dibuka di laptop dan ketika di lapangan dibuka di ponsel atau dibuka di 2 ponsel sekaligus dan jika salah satu batereinya lowbatt masih tetap terhubung oleh telegram di ponsel lainnya.

Telegram sudah berbasis cloud sehingga tidak diperlukan download data - data pesan dan percakapan saat menggunakannya sehingga kecepatan akses telegram lebih cepat dibandingkan aplikasi android lainnya tanpa basis cloud. Semua data dan media tersimpan di cloud, jika ponsel kita rusak maka data dan media tetap tersimpan aman tinggal dibuka di perangkat lainnya.

Beberpa fitur unggulan Telegram:
  1. Pengaturan privasi telegram memungkinkan menyembunyikan nomor telepon
  2. Fungsi report as spam mampu memblokir pesan spammer.
  3. Percakapan Telegram menggunakan protokol MTProto, artinya terdapat jaminan keamanan dan pengiriman cepat walaupun koneksi internet kurang stabil.
  4. Fitur end to end encryption berupa secret chat memungkinkan tanpa jejak pembicaraan di Telegram. Fitur self destruction jika diaktifkan akan membuat pesan dan media hilang sendirinya baik di perangkat penerima maupun si pengirim sesuai pengaturan waktu si pengirim.
  5. Sejak 30 Januari 2018 Telegram telah menambahkan kapasitas member grup menjadi 100.000 member.
  6. Telegram tidak membatasi jumlah penyimpanan file dan media. Anda bisa mengupload atau menyimpan ribuan dokumen, musik dan film serta membagikannya ke rekan dan grup karena kemampuan pengiriman Telegram sampai 1,5 GB per satu file.

3. Gmail dari Google LLC

aplikasi android

Email merupakan sarana komunikasi dan informasi lebih bersifat resmi. Email mewakili persetujuan PIC jika PIC sedang tidak ditempat. Email sebagai salah satu jembatan penghubung perusahaan dengan luar seperti ke pelanggan atau vendor. Email juga sebagai pengganti slip gaji karyawan sehingga lebih efisien.

Kecepatan mengakses Gmail melebihi kecepatan aplikasi android email lainnya berdasarkan research internet.

Aplikasi gmail mampu digunakan untuk beberapa akun email sekaligus baik 1 jenis akun maupun beberapa akun berbeda seperti akun Outlook, Hotmail, Live, yahoo, Exchange, Office 365 dan email bisnis perusahaan.

Cara seting aplikasi Gmail untuk email bisnis perusahaan jika tidak bekerja pada setingan POP3 maka tinggal mengalihkannya ke setingan IMAP. Jangan khawatir tidak ada notifikasi email masuk karena Anda bisa seting refresh Gmail dalam waktu sesuai keinginan Anda.

4. Google Calendar dari Google LLC

Google Calendar dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi sosialisai agenda manajemen agar semua pihak dapat mempersiapkan jauh hari secara matang sebelum waktu pelaksanaan agenda tersebut. Termasuk juga jika terjadi perubahan rencana maka orang - orang terlibat dapat mengetahuinya segera.

Contoh agenda pada Google Calendar diantaranya agenda pembahasan bersama departemen tertentu, jadwal maintenance mesin, meeting koordinasi, presesentasi report dan jadwal visit pelanggan.

Aplikasi ini jika sudah diinstal dalam ponsel akan memberikan notifikasi agenda melaui email pemberitahuan atau langsung di layar utama ponsel.

5. Trello dari Trello Inc

Trello merupakan aplikasi untuk mengelola suatu project atau suatu pekerjaan tertentu melibatkan banyak orang dan setiap orang dapat berkontribusi melakukan update progress sampai selesai. Trello bisa menggantikan catatan history peralatan atau pekerjaan apa saja yang telah dilakukan pada peralatan tersebut.

Contoh penerapan dalam produksi diantaranya proses produksi produk baru. Beberapa orang lintas departemen akan terlibat penyelesaian pekerjaan ini sesuai tugasnya masing - masing. Setiap orang dapat memonitor keseluruhan perkembangan proses dan memberikan kontribusi atau keterangan bagian mana yang sudah selesai sehingga project tersebut segera terselesaikan.

Contoh penerapan dalam Maintenance diantaranya monitoring mesin tertentu. Setiap bagian Maintenance seperti Mekanik dan Elektrik akan memberikan laporan data pekerjaan atau perbaikan apa saja yang dilakukan pada mesin tersebut. Data keseluruhan ini selanjutnya menggantikan catatan history mesin manual.

Program Trello dapat dibuka di ponsel dan desktop.

Trello dapat diintegrasi dengan program aplikasi lainnya seperti Gmail dan Telegram sehingga ketika ada seseorang update pekerjaan di Trello maka secara otomatis akan ada notifikasi baik melalui email maupun telegram tersebut.

6. Microsoft OneDrive dari Microsoft Corporation

Adalah aplikasi layanan penyimpanan data online mulai 5 GB hingga 1000 GB (1 TB) berupa Word, Excel, Power Points, OneNote, gambar dan video. Data tersebut dapat diedit secara bersama dimana saja.

Microsoft OneDrive mendukung operating system seperti Android, Windows, Windows Phone, Mac OS dan iOS sehingga bisa diakses oleh berbagai perangkat berbeda. Anda dan rekan Anda yang berjauhan bisa melakukan kolaborasi untuk mengedit 1 berkas file secara bersama sama.

0 Comments

Posting Komentar

Admin akan berupaya membalas setiap komentar Anda kecuali dari Anonim akan dibalas berdasarkan pertimbangan tertentu. Terima kasih