7 Kebijakan Mewaspadai Covid-19 Masuk Lingkungan Kerja

7 kebijakan manajemen guna mewaspadai Covid-19 masuk lingkungan kerja sebagai bentuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19 ke dalam lingkungan kerja sehubungan penerapan WFH (Work From Home) sulit dilakukan bagi semua bidang kerja seperti proses produksi harus tetap berada di dalam suatu pabrik agar proses produksi tersebut tetap berjalan. 7 kebijakan mewaspadai Covid-19 masuk lingkungan kerja meliputi:
  1. Rapid test
  2. Pengukuran suhu tubuh semua orang
  3. Wajib memakai masker
  4. Cuci tangan
  5. Menjaga jarak
  6. Memperkuat pertahanan tubuh
  7. Karantina bahan baku
1. Rapid test

7 kebijakan mewaspadai covid-19 masuk lingkungan kerja

Kebijakan mewaspadai covid-19 masuk lingkungan kerja pertama adalah melakukan rapid test secara keseluruhan untuk mendeteksi adanya antibody dalam darah. Akurasi hasil rapid test hanya 36% tetapi tidak ada salahnya dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid-19.

Alat rapid test bisa didapatkan secara umum kisaran seharga Rp. 2.600.000,- per paket terdiri dari 25 set rapid test meliputi:
  1. Test cassettes
  2. Droppers
  3. Buffers
  4. Alcohol pads
  5. Lancets
Sample darah dimasukan dalam test cassettes dan setelah 2 menit akan terlihat indikasi garis penunjuk negatif, reaktif dan positif.

Memperhitungkan budget pengadaan alat rapid test ini cukup mahal maka cukup 1 kali pelaksanaan rapid test dan dijadikan momentum awal bagi kebijakan mewaspadai covid-19 masuk lingkungan kerja. Rapid test kedua dan seterusnya menjadi biaya individu karyawan ketika mengalami suatu penyakit dan ketika akan masuk kerja lagi harus menjalani rapid test biaya sendiri.

2. Pengukuran suhu tubuh semua orang

Kebijakan mewaspadai covid-19 masuk lingkungan kerja kedua adalah pengukuran suhu tubuh kepada semua orang mulai karyawan biasa sampai pemilik pabrik. Lokasi pengukuran suhu tubuh setiap orang berada di luar gerbang masuk pabrik agar lokasi kerja lebih steril terhadap kemungkinan adanya Covid-19.

Security melakukan pengukuran suhu tubuh setelah sebelumnya mereka saling melakukan pengukuran suhu tubuh. Security wajib mengenakan APD lengkap ketika menjalankan pengukuran ini seperti memakai masker standar SNI, sarung tangan dan face shield.

Hasil pengukuran dicatat dalam form daftar pengukuran suhu tubuh untuk dokumentasi dan bahan analisa lebih lanjut.

Jika didapati hasil pengukuran suhu tubuh seseorang adalah 37,5 oC ke atas, orang tersebut dipersilakan pulang dan memeriksakan kondisi kesehatannya ke klinik rujukan BPJS.

Pengukuran suhu tubuh dilakukan 2 kali yaitu sebelum dan sesudah bekerja.

Apakah pengidap Covid-19 dapat di deteksi melalui demam atau suhu tubuhnya di atas 37,5oC?

Jawabannya belum tentu.

Pengidap Covid-19 belum tentu menunjukan gejala suhu tubuh tinggi (asimtomatik) disebut sebagai silent spreader. Mereka tidak menunjukan demam, batuk kering dan sesak napas tetapi dapat menularkan Covid-19.

Praktek pengukuran suhu tubuh ini sebagai salah satu cara mewaspadai covid-19 masuk ke lingkungan kerja.

3. Wajib memakai masker

Penularan Covid-19 melalui percikan dari hidung dan mulut seseorang pengidap covid-19 saat mereka berbicara, batuk atau bersin. Ketika batuk akan menghasilkan sampai 3.000 tetesan (droplets) sekali batuk.

Partikel droplets ini dapat mendarat di permukaan sekitar mereka dan beberapa partikel droplets lebih kecil tetap berada di udara membawa covid-19 yang mampu bertahan hidup sampai 3 jam.

Mewaspadai covid-19 masuk ke tubuh berupa kewajiban memakai masker standar SNI setiap waktu secara benar yaitu masker tersebut menutupi mulut dan hidung.

4. Cuci tangan

Berdasarkan hasil studi National Institutes of Health dan Rocky Mountain Laboratories menemukan bahwa virus Covid-19 bertahan lebih lama di atas kardus hingga 24 jam dan sekitar 2-3 hari di permukaan plastik dan stainless steel.

Lebih sering cuci tangan dan menggunakan sabun menggunakan air mengalir minimal 20 detik. Jika tidak ada air dan sabun, gunakan cairan pembersih tangan lainnya (minimal 60% alkohol)

Kenapa cuci tangannya harus menggunakan sabun?

Hasil studi The Atlantic mengungkapkan bahwa corona sebenarnya mudah dihancurkan. Setiap partikel adalah satu set gen kecil dikelilingi bola molekul lemak dan cangkang lipid mudah terkoyak oleh sabun.

5. Menjaga jarak

Kebijakan mewaspadai covid-19 masuk lingkungan kerja keliam adalah menjaga jarak aman sekitar 1 meter dan berlaku dimana saja serta kapan saja. Contohnya waktu menyantap makan siang di kantin atau dalam area pabrik dilarang berdekatan satu sama lain.

Menjaga jarak ini berlaku juga diluar pekerjaan seperti berangkat kerja maupun pulang kerja dan sebisa mungkin menghindari kerumunan orang.

Jam istirahat siang maupun istirahat pertengahan shift berkisar 1 jam dipergunakan sebagai waktu makan siang atau makan malam dalam kerja shift. Apabila pabrik belum menyediakan kantin menyebabkan para pekerja akan makan diluar pabrik atau membawa bekal makanan.

Resiko terpapar Covid-19 muncul waktu mereka makan diluar pabrik dari pekerja lainnya.

Guna menghindari kemungkinan resiko terpapar Covid-19 tersebut maka kebijakannya adalah membatasi para pekerja agar tidak keluar area pabrik jam istirahat serta menghimbau supaya membawa bekal makan sendiri.

Jika kelupaan membawa bekal makanan maka dapat memesan makanan secara kolektif kepada salah satu security supaya membelikan makanan.

6. Memperkuat pertahanan tubuh

Pertahanan tubuh merupakan penyelamat di tengah pandemi Covid-19 mengingat belum tersedia vaksin Covid-19 hingga kini. Untuk itu ketahui beberapa tanda kondisi pertahanan tubuh sedang melemah berikut ini:

Pertahanan tubuh melemah jika mengalami stres berkepanjangan karena stress menyebabkan peningkatan hormon adrenalin, kortisol dan norepinephrine menimbulkan peningkatan volume aliran darah ke otot ataupun sistem pencernaan. Kondisi ini memengaruhi cara kerja sistem imun berakibat timbulnya beberapa gangguan seperti peradangan, berkurangnya sel darah putih, jaringan rusak dan risiko terpapar infeksi Covid-19.

Pertahanan tubuh sedang melemah disebabkan sistem imun sendiri tidak bekerja baik akibatnya tubuh akan bekerja ekstra untuk memerangi bakteri maupun parasit. Kondisi ini dapat terasa manakala bangun tidur merasa lelah secara terus-menerus tanpa kita menyadari penyebabnya.

Pertahanan tubuh sedang melemah saat kita sering demam. Segera berkonsultasi dokter karena tidak tertutup kemungkinan jika ini merupakan gejala penyakit lebih serius.

Pertahanan tubuh sedang melemah bisa dilihat melalui luka di kulit tak kunjung sembuh akibat sistim imun lamban.

Pertahanan tubuh sedang melemah ditandai munculnya masalah perut seperti diare, mual dan infeksi saluran pencernaan

Perkuat pertahanan tubuh melalui makanan bergizi seimbang, konsumsi vitamin terutama vitamin C dan istirahat cukup.

Berikut 3 makanan alami hasil temuan para peneliti IPB dan UI dan sangat direkomendasikan sebagai pencegah pandemi virus korona Covid-19 karena didalamnya terkandung senyawa hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin untuk menangkal sifat virus penyebab Covid-19.

Daun Kelor

Daun kelor kaya nutrisi beberapa vitamin dan mineral seperti protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin B2, vitamin A, kalsium dan magnesium.

Perbandingannya:
  • Vitamin A: 4 kali lebih banyak dibanding wortel.
  • Vitamin C: 7 kali lebih banyak dibanding buah jeruk.
  • Kalsium dan protein: 2 sampai 4 kali lebih banyak dibanding susu
  • Potasium : 3 kali lebih banyak dibanding buah pisang
  • Antioksidan pada daun kelor berguna sebagai pelindung tubuh terhadap radikal bebas sehingga bisa mencegah penyakit diantranya diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung dislipidemia (penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol dan trigliserida) serta bermanfaat untuk wanita menopause karena antioksidan wanita menopause akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen.
Daun kelor mengandung Isotiosianat mampu meredakan peradangan tubuh termasuk stres dan peradangan di otak serta bisa meningkatkan daya ingat.

Daun kelor terdapat bahan antimikrobial untuk menghilangkan bakteri terutama bakteri berjenis gram positif.

Dan masih banyak lagi manfaat daun kelor ini dan tidak bisa dituliskan semuanya disini. Lebih dari 300 jenis penyakit bisa diatasi oleh daun kelor termasuk mencegah virus corona karena kandungan beberapa senyawa pencegah virus corona ini.

Penyajian daun kelor bisa berupa sayuran bening atau tumis pengiring nasi atau dibuat sebagai seduhan teh.

Jambu Biji Merah

Buah jambu biji merah dimaksud adalah daging buahnya tersebut berwarna merah karena jambu biji juga terdapat daging buahnya berwarna putih.

Selain mengandung senyawa pencegah covid-19, terdapat banyak kelebihan lainnya jambu biji merah bagi kesehatan tubuh.

Jambu biji merah kaya vitamin C dosis tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh mencegah serangan berbagai penyakit

Jambu biji merah terdapat zat lycopene sebagai zat Anti-Tumor dan Anti-Inflamasi mencegah pertumbuhan tumor.

Jambu biji merah mengandung antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien untuk mencegah kanker serta mencegah penuaan dini.

Jambu biji merah memiliki kandungan kalium sebagai penstabil tekanan darah.

Jambu biji merah mengandung vitamin A mencegah infeksi mata dan penyakit mata.

Jambu biji merah juga digunakan sebagai obat alami bagi penderita diabetes.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung nutrisi berupa serat, vitamin dan mineral.
  • 100 gram kulit jeruk terdapat 11 gram serat
  • Vitamin C kulit jeruk sama dengan 3 kali kandungan vitamin C buah jeruk.
Serat kulit jeruk berguna menurunkan kolesterol sedangkan vitamin C mampu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kulit jeruk kaya senyawa antioksidan polifenol berfungsi:
  • Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.
  • Memicu respons sistem kekebalan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung, masalah pencernaan, penurunan fungsi saraf, diabetes tipe 2, radang pankreas dan jenis kanker tertentu.
Kulit jeruk terdapat senyawa antibakteri serta mineral fosfor dan kalsium. Senyawa antibakteri berguna mencegah pembentukan plak serta gigi berlubang sedangkan fosfor dan kalsium diperlukan bagi kesehatan tulang dan gigi.

Kulit jeruk memiliki senyawa limonene untuk memutihkan gigi secara alami sebab senyawa ini melarutkan kotoran pada permukaan gigi

Disamping beberapa kelebihan kulit jeruk di atas juga terdapat beberapa kekurangan mengkonsumsi kulit jeruk antara lain:
  • Kulit jeruk berpotensi terdapat sisa pestisida bisa mengganggu fungsi hormon, bahkan diduga meningkatkan risiko kanker. Cuci jeruk memakai air hangat sebelum dimakan supaya menghilangkan sisa pestisida.
  • Kulit jeruk memiliki tekstur keras dan kering menyebabkan sulit dikunyah serta rasanya pahit.
  • Kulit jeruk sulit dicerna menyebabkan sakit perut, kembung dan rasa tidak nyaman.
7. Karantina bahan baku

Kebijakan mewaspadai covid-19 masuk lingkungan kerja terakhir adalah karantina bahan baku terkait Covid-19 ini mampu bertahan hidup selama 24 jam di permukaan kardus serta dapat bertahan hidup sampai 3 hari di permukaan plastik dan stainless steel maka wajib karantina setiap bahan baku ataupun barang lainnya yang kemasannya atau bahannya berupa kardus, plastik dan stainless steel.

Tidak menutup kemungkinan karantina ini berlaku pada jenis bahan lainnya selain yang tersebut tadi.

Karantina ini berbentuk mendiamkan dulu masa hidup covid-19 sampai akhir durasi hidupnya misalnya bahan baku kemasan kardus didiamkan dulu saat tiba selama 24 jam baru dilakukan pembongkaran.

0 Comments