Cara Daftar Kartu Prakerja Sampai Mendapatkan Insentif Dana

Panduan cara daftar kartu prakerja di prakerja.go.id sampai mendapatkan saldo Rp.1.000.000 masuk di akun kartu prakerja sebagai biaya pelatihan keterampilan secara online dan bagaimana cara mendapatkan insentif dana diluar saldo akun prakerja tersebut sebesar Rp.600.000 setiap bulan selama 4 bulan masuk rekening pribadi.

Segera daftar kartu prakerja sekarang mumpung masih ada kesempatan daftar kartu prakerja ini dalam beberapa gelombang pendaftaran. Ulasan ini dibuat berdasarkan proses dan hasil daftar kartu prakerja pada gelombang ke-4 dan ke-5.

Sebelum membuka halaman prakerja.go.id ini sebaiknya lakukan persiapan awal diantaranya:
  1. Pastikan koneksi internet stabil
  2. Pastikan batere ponsel cukup jika menggunakan ponsel serta kuota data mencukupi
  3. Persiapkan eKTP dan Kartu Keluarga
  4. Persiapkan alat tulis, alat hitung dan kertas coretan
  5. Persiapkan mental
Proses daftar kartu prakerja memakan waktu sekitar 30 menit sudah termasuk menjawab tes motivasi dan kemampuan dasar sekitar 10 menit berdasarkan pengalaman kami.

Ok, selanjutnya buka halaman prakerja.go.id.


Pilih tombol daftar sekarang. Masukan alamat email aktif, buat password 6 karakter atau lebih (bukan password untuk masuk email), konfirmasi password, centang persetujuan syarat dan ketentuan serta layanan privasi, lalu tekan daftar.

Silakan buka email pendaftaran kartu prakerja untuk verivikasi alamat email dengan klik link verifikasi alamat email dibawahnya.

Berikutnya pada halaman prakerja.go.id, silakan login menggunakan alamat email dan password tersebut.

3 tahapan berikutnya adalah verifikasi eKTP, melengkapi data diri dan verifikasi nomor ponsel.
  1. Verifikasi eKTP meliputi input nomor eKTP, nomor Kartu Keluarga dan tanggal lahir sehingga pada halaman berikutnya (bagian data diri) secara otomatis akan muncul nama kita.
  2. Data diri meliputi alamat lengkap sesuai eKTP, alamat saat ini jika berbeda dari alamat di eKTP, status pekerjaan dan upload eKTP ukuran maksimal 2MB format jpeg atau png. Jika pilihan alamat saat ini tidak sesuai eKTP maka status wilayah daftar kartu prakerja akan mengikuti alamat saat ini, bukan wilayah alamat di eKTP.
  3. Verifikasi nomor ponsel untuk menerima SMS kode OTP

Pastikan nomor ponsel ketika daftar kartu prakerja adalah sama dengan nomor ponsel saat daftar pembukaan rekening BNI / e-wallet rekanan program kartu prakerja ini yaitu
  1. BNI
  2. OVO
  3. Link Aja
  4. Gopay.
Status member OVO dan Gopay harus upgrade agar bisa melakukan transaksi finansial diantaranya penarikan insentif dana ke rekening bank pribadi. Upgrade OVO menjadi OVO Premier dan upgrade Gopay menjadi Gopay Plus. Syarat upgrade keduanya mudah, tinggal uploade foto eKTP dan upload foto selfie setengah badan sambil memperlihatkan eKTP dibawah dagu.

Jika mengalami kesulitan saat upgrade Gopay plus yaitu muncul kesalahan upload dokumen eKTP dan foto selfie memegang eKTP maka ubah pengaturan resolusi / pixel kamera ponsel menjadi lebih rendah atau paling rendah.

Berikutnya masuk bagian pernyataan pendaftar. Bagian ini memastikan siapakah yang daftar kartu prakerja ini. Pengisian data pada bagian ini harus hati - hati jangan sampai keliru karena pemberian data atau informasi tidak benar dapat dianggap sebagai suatu perbuatan melawan hukum.


Terdapat beberapa pertanyaan yang semuanya dijawab dengan 2 pilihan saja, ya atau tidak itu saja.

Halaman selanjutnya adalah bagian tes motivasi dan kemampuan dasar sebagai syarat menerima kartu prakerja.

Tes ini terdiri dari 18 soal campuran mulai tes kepribadian sampai tes perhitungan. Jawaban berupa pilihan ganda ABCDE tetapi harus diselesaikan maksimal dalam 25 menit karena tes akan dianggap selesai dan dikirim secara otomatis by system

Jangan lupa, setelah selesai atau tidak selesai mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar ini harus menekan tombol gabung pada gelombang kesekian dari program kartu prakerja ini.

Selesai sudah daftar kartu prakerja tinggal tunggu hasil evaluasinya apakah lulus atau tidak yang akan diberitahukan melalui email maupun akun prakerja.go.id. Saldo Rp.1000.000,- untuk biaya pelatihan keterampilan online akan muncul bagi yang berhasil lulus.


Pilih jenis pelatihan sesuai minat dan berpeluang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan. Pelatihan dibuat secara online berdurasi mulai 2 jam sampai 30 hari lebih setiap bidang pelatihan.

Sertifikat setiap pelatihan akan diberikan jika lulus mengikuti pelatihan. Pastikan memberikan ulasan / review dan memberikan rating pada bidang pelatihan yang diikuti. Sertifikat pelatihan dapat dicetak sebagai lampiran ketika melamar pekerjaan.

baca juga: Cara Mendapatkan SKCK Online dan Offline

Sertifikat pelatihan adalah syarat mencairkan insentif dana Rp.600.000 setiap bulan selama 4 bulan. Saat ini cukup dengan 1 sertifikat pelatihan untuk pengajuan insentif dana tersebut. Jika saldo 1 juta di akun kartu prakerja tersebut belum habis dalam 4 bulan karena biaya pelatihannya sedikit misalnya hanya Rp.200.000,- maka segera memilih jenis pelatihan lainnya karena kalau tidak dimanfaatkan maka sisa dana di akun kartu prakerja akan ditarik kembali.

0 Comments

Posting Komentar

Admin akan berupaya membalas setiap komentar Anda kecuali dari Anonim akan dibalas berdasarkan pertimbangan tertentu. Terima kasih