Contoh Menjadi Freelancer Agar Mendapat Penghasilan Tambahan

Freelancer adalah pekerja lepas yang bekerja agar mendapatkan tambahan penghasilan dan berikut contoh bagaimana menjadi seorang freelancer sehingga mendapat tambahan penghasilan diluar penghasilan tetapnya sebagai pekerja ataupun pemilik usaha tetap.

Berapa penghasilan tambahan seorang freelancer?

Ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah per proyek. Tertarik? Mari lanjutkan membaca sampai tuntas.

Beberapa contoh bidang freelancer
  • Industri kreatif contohnya graphic designer, fotografer, content marketing, animator, videographer
  • Penulis contohnya penulis artikel, copy writer, content creator, blogging, riset, penulis buku (e-book) dan penerjemah
  • Asisten virtual contohnya admin support seperti input data dan balas email, customer service support misalnya admin online shop, sekretaris online
  • IT dan Teknologi contohnya programmer, web developer, android developer, data scientist, Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
  • Edukasi dan pelatihan contohnya guru les pribadi dan lembaga, online trainer dan instruktur kesehatan
  • Dan masih banyak lagi ...
Termasuk saya🙋 contoh seorang freelancer sebagai penulis artikel (content writer) seputarpabrik.com dan mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan tetap dan lumayan untuk tambahan beli pulsa😃.

Bagaimana cara membuat situs agar bisa menulis artikel dan mendapatkan penghasilan tambahan?

Contoh situs ini, menggunakan platform blogger. Langkah membuatnya adalah:
  1. Buat blog dengan mendaftar pada blogger.com menggunakan akun google atau gmail
  2. Selanjutnya akan mendapatkan alamat situs abcd.blogspot.com
  3. Personalisasi tampilan blog bawaan blogger atau bisa menggunakan template gratisan maupun berbayar
  4. Jika ingin tampil lebih profesional, ganti domain blogspot ke TLD (Top Level Domain) yang bisa diperoleh dari penyedian domain misalnya dewaweb
  5. Buat artikel unik dan menarik
  6. Setelah jumlah artikel diatas 60 judul, daftarkan situs ke Adsense agar mendapatkan penghasilan dari iklan atau bekerja sama dengan sumber penghasilan lainnya sehingga situs bisa menghasilkan
Selain content writer sebagai contoh menjadi seorang freelancer, kita akan belajar menemukan tantangan menjadi seorang freelancer dengan mendapatkan proyek dari klien.

Selanjutnya pekerjaan freelancer kita sebut saja menggunakan kata "proyek" sedangkan si pemberi proyek sebut saja "klien"

5 Tipe freelancer:
  1. Independent contractor: bekerja di 1 bidang sama tetapi beragam proyek
  2. Moonlighter: bekerja lepas hanya sebagai sampingan pekerjaan tetap
  3. Diversivied worker: bekerja diberbagai bidang proyek dan klien berbeda
  4. Temporary worker: terikat pada suatu perusahaan dalam periode sesuai ketetapan kontrak sementara waktu
  5. Freelance business owner: memiliki bisnis sendiri sebagai sampingan diluar pekerjaan utama
3 Keuntungan menjadi freelancer
  1. Freelancer adalah bos, tentukan sendiri proyek sesuai pertimbangan pribadi
  2. Fleksibilitas waktu dan tempat
  3. Mendapat penghasilan tambahan diluar penghasilan tetap
  4. Sebagai penghasilan utama sementara waktu jika belum memiliki pekerjaan tetap misalnya terkena PHK dan hanya mengandalkan sisa pesangon.
baca juga: Perhitungan Uang Pesangon dan Uang Penghargaan Masa Kerja

Kerugian menjadi freelancer adalah belum ada jaminan jangka panjang serta jumlah pekerjaan bersifat dinamis dan terus berubah setiap waktu

Bagaimana cara mendapatkan klien?
  1. Melalui refferal seperti teman, keluarga, saudara dan perkumpulan
  2. Platform freelance
Disini kita menggunakan cara mendapatkan klien melaui platform freelance seperti projects.co.id, freelancer.co.id, sribulancer.com, freelancer.com, upwork.com, toptal.com, fiverr.com, 99designers.com dan sribu.com

Tersedia banyak proyek di platform freelance tersebut, tinggal matangkan persiapan sebelum terjun. Selanjutnya kita akan mencoba menjadi freelancer di projects.co.id sebagai contoh saja. Disini keanggotaan gratis selamanya juga banyak proyek tersedia.

Berikut langkah menjadi freelancer di projects.co.id:

Buka laman projects.co.id lanjut pendaftaran (gratis)

Pendaftaran hanya memerlukan waktu kurang dari 3 menit sampai mendapatkan akun aktif. Masukan alamat email aktif, user name dan tulis ulang captcha. Password awal dikirim ke alamat email dan sebaiknya segera ganti password baru. Tekan tombol Register.

Poin penting melengkapi profil di projects.co.id:
  • Pastikan nomor handphone sekaligus nomor WA karena pemberitahuan memenangkan bid serta perubahan nomor rekening melalui WA.
  • Keterangan skill ditulis minimal satu sesuai kemampuan
  • Lengkapi no rekening, atur berapa besar nilai nominal pengiriman secara otomatis ke rekening, misalnya minimal Rp.10.000 (hanya bank BCA dan CIMB Niaga) periode setiap minggu.
Ketika telah menyelesaikan proyek di projects.co.id, kapan uang diterima?

Sesuai sistem escrow projects.co.id guna menjamin keamanan freelancer, maka freelancer baru mulai bekerja setelah dana klien diterima 100% oleh projects.co.id. Setelah klien menerima 100% hasil kerja freelancer, saldo freelancer langsung bertambah, tinggal menarik saldo tersebut ke rekening bank secara manual melalui menu "My Finance" di menu "My Account" atau tunggu setiap hari Senin otomatis uang ditransfer ke rekening bank.

Selamat mencoba.👌

Cara mendapatkan klien menggunakan platform freelance tampaknya sangat mudah dilakukan tetapi sebenarnya terdapat suatu misteri penyebab hanya sedikit klien memberikan proyek sehingga penghasilan kurang maksimal walaupun telah memiliki portofolio serta pengalaman.

Penyebab ini diantaranya adalah:
  1. Tidak memiliki rating dan review
  2. Harga terlalu tinggi
  3. Pitching kurang
1. Tidak memiliki rating dan review

Tidak memiliki rating dan review di kolom profil plafform freelance menyebabkan hanya sedikit klien berani mengambil risiko merekrut seorang freelancer sehingga sangatlah penting memiliki rating dan review bagus dari para klien.

2. Harga terlalu tinggi

Persaingan diantara sesama freelancer sangat ketat berimbas pada nominal penawaran harga. Cermati secara seksama terhadap patokan harga agar memenangkan proyek klien .

3. Pitching kurang.

Mengirimkan sejumlah besar pitches pada beberapa klien tetapi malah merasa tertekan karena kurang mendapatkan balasan sehingga seringkali membuat freelancer berputus asa dan enggan mengirim proposal apapun selama berminggu-minggu tetapi hal seperti ini jangan sampai terjadi.

Freelancer harus tetap semangat, optimis dan membangun hubungan baik dengan klien seperti komunikasi efektif, do the best serta expres your gratitude yaitu tunjukan rasa terima kasih kepada klien

Tetaplah lakukan tindakan berikut untuk mendapatkan klien:
  1. Menyiapkan bahan proposal
  2. Mengirim proposal secara konstan
1. Menyiapkan bahan proposal

Proposal harus mendefinisikan layanan kemampuan freelancer secara profesional dan komprehensif sehingga membuat perasaan klien bakal menerima produk berkualitas tinggi.

Proposal harus menunjukkan bahwa tawaran sudah memahami kebutuhan, tujuan dan ide-ide klien, menawarkan klien alternatif terbaik dengan kualitas terbaik dan mempertimbangkan semua keinginan dan ide dari klien.

Keterlibatan klien sangat bermanfaat sehingga bisa memenuhi keinginan klien sebenarnya dan sepenuhnya layaknya pilosofi scrum pada penerapan di perusahaan.

baca juga: Menggunakan Scrum Sebagai Cara Ampuh Mengatasi Permasalahan Kompleks

Tips menulis proposal:
  • Ejaan dan proof reading. Sebagian besar pemeriksa ejaan non manusia kurang efektif maka lakukan sendiri.
  • Secara umum, klien akan setuju proposal digital tetapi baiknya selalu bertanya apakah mereka suka versi cetak.
  • Kertas. Jika klien suka versi cetak, gunakan kertas berkualitas tinggi dan perhatikan level kartrid printer untuk memastikannya terlihat bagus.
  • Gunakan template untuk semua penawaran agar mempermudah pembuatan berikutnya. Ini juga membantu untuk tetap lebih teratur dan menjaga agar branding konsisten.
  • Follow up klien potensial. Jika belum juga mendengar kabar dari mereka maka tulis email follow up serta telepon menanyakan apakah mereka telah membaca proposal dan beritahu mereka bahwa akan senang mendiskusikan apa pun yang mereka butuhkan.
  • Berikan informasi penting kepada klien, bukan hanya tentang menjual diri sendiri. Mungkin klien tidak dapat melihat kita secara fisik tetapi proposal ini adalah kunci untuk membuat kesan pertama.
2. Mengirim proposal secara konstan

Konsisten mengirimkan proposal terutama kepada klien potensial.

Menjadi freelancer memang bukan pekerjaan mudah dan instant serta harus menghadapai serangkaian masalah tetapi kesiapan mental dan ketekunan mampu mengatasi setiap permasalahan timbul seperti:
  1. Masalah keuangan
  2. Ide buntu
  3. Keterbatasan waktu bekerja
  4. Sulit mempromosikan diri sendiri
  5. Menaklukan klien
1. Masalah keuangan

Keuangan bisa menjadi bermasalah karena pemasukan tidak stabil dan tidak bisa diprediksi. Berikut tips mengatur keuangan:
  • Hindari melakukan pengeluaran sebelum pemasukan (fee) diterima
  • Tabung atau berinvestasi pada tools penunjang pekerjaan
2. Ide buntu

Kebuntuan ide bisa disebabkan oleh karena freelancer mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Temukan inspirasi baru dalam berkarya melalui hal - hal sederhana misalnya browsing, cek media sosial atau diskusi

3. Keterbatasan waktu bekerja

Waktu beraktivitas fleksibel malah sering membuat freelancer sulit mengelola waktu bekerja dengan baik. Terapkan manajemen waktu agar tercipta work life balance sehingga waktu bekerja menjadi efektif sekaligus memiliki quality time bersama keluarga.

baca juga: Quality Time Atau Quantity Time Mana Yang Lebih Penting

4. Sulit mempromosikan diri sendiri

Freelancer tidak terikat pada perusahaan sehingga sulit melakukan promosi diri mendapatkan jenjang karir. Solusinya adalah bangun karakter diri (personal branding) dan perbanyak interaksi sosial

5. Menaklukan klien

Terutama klien yang sulit bekerja sama dan menyulitkan penyelesaian proyek tepat waktu. Berikut solusinya:
  • Buat perjanjian kesepakatan tertulis secara detail mengenai hak, kewajiban dan aturannya
  • Tetap berbuat baik dan profesional kepada klien, ucapkan minta tolong, terima kasih dan permohonan maaf jika dibutuhkan
  • Selalu berkomunikasi, biasakan membangun komunikasi hangat dan bermutu dengan klien agar membuka peluang proyek lainnya
Secara sederhana, seorang freelancer harus fokus pada poin berikut:
  1. Kemampuan teknis, kualitas pribadi dan komunikasi intrapersonal
  2. Area kemampuan unggul
  3. Kategori pekerjaan berdasarkan kemampuan unggulan, tujuannya agar tidak merugi dan selalu berkembang misalnya popularitas kategori pekerjaan dan nominal pemasukan.
  4. Profil dan pitch semenarik mungkin.
Bagaimana membuat profil dan pitch semenarik mungkin?

Profil:
  1. Tuliskan pengalaman untuk menunjukan kredibilitas
  2. Tunjukan hasil pekerjaan terdahulu kepada klien, bisa melalui link, screen capture karya, foto dan audio
  3. Tambahkan kontak pribadi agar memudahkan klien menghubungi
Pitch adalah proposal untuk menunjukan identitas diri dan kemampuan pribadi lalu dikirimkan kepada klien.
  1. Jelaskan identitas diri secara singkat dan padat
  2. Jelaskan kemampuan penyelesaian pekerjaan untuk membantu penyelesaian proyek klien
  3. Tuliskan kontak pribadi agar mudah dihubungi
Freelancer dapat menggunakan tools aplikasi membatu penyelesaian pekerjaannya diantaranya google calender, trello dan focus booster

baca juga: Aplikasi Android Ini Bisa Digunakan Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Hasil Pekerjaan

Bagaimana cara menentukan harga kepada klien?
  1. Realistis berdasarkan jam, harian atau proyek dengan mempertimbangkan segala ongkos dan biaya pengerjaan pekerjaan tersebut.
  2. Perbandingan harga dengan produk / jasa serupa
  3. Identifikasi pengalaman, skill dan reputasi industri
  4. Lokasi geografis, contohnya pekerjaan sama tetapi dilakukan di Indonesia bisa diberi bayaran lebih rendah dari pada jika dilakukan di AS
  5. Industry subset, contohnya project design 3D memerlukan usaha dan bayaran lebih dibanding project design 2D
  6. Berdasarkan budget klien, ada 2 cara sederhana bagaimana mengetahui budget klien yaitu saat klien pertama kali bertanya tentang suatu proyek maka langsung ajukan serangkaian pertanyaan dan saat klien akan meminta penawaran harga rata-rata untuk suatu proyek tersebut.
Bagaimana cara membuat quotation dan penagihan kepada klien?

Quotation berbeda dengan proposal. Quotation adalah dokumen berisi harga produk atau layanan sedangkan proposal adalah dokumen persuasif dan mendalam yang mungkin klien belum sepenuhnya familiar dengan layanan yang diberikan.

Poin quotation:
  • Harga keseluruhan penyelesaian seluruh pekerjaan
  • Perincian harga masing - masing langkah pengerjaan
  • Timeline
  • Jadwal pembayaran dan metode freelance invoice
  • Ketentuan pembayaran lainnya seperti pembayaran berulang, perjanjian pembayaran kembali atau fee keterlambatan
Invoice adalah dokumen sebagai suatu bukti pembelian berisi jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh klien. Invoice disebut juga nota pembayaran atau faktur dan bisa diperoleh online melalui software pembuat invoice seperti Paypal, LessAcounting, BlinkSale dan paper.id

Bagaimana caranya supaya klien mempercepat pembayarannya?
  • Buat perjanjian secara tegas dan jelas dengan setiap klien meliputi deadline pembayaran, output pekerjaan dan metode pembayaran
  • Buat sistem sederhana dan memudahkan
  • Jangan sungkan mengirim pengingat karena beberapa klien mungkin lupa terhadap invoice.
  • Tawarkan metode pembayaran fleksibel
  • Dalam proyek lebih besar pertimbangkan meminta uang muka atau uang setengah jalan
  • Jangan memberikan hasil final pekerjaan terlebih dulu sebelum dibayarkan

0 Comments

Posting Komentar

Admin akan berupaya membalas setiap komentar Anda kecuali dari Anonim akan dibalas berdasarkan pertimbangan tertentu. Terima kasih