Bagian Utama Mesin Bubut

Mesin bubut digunakan dalam proses pembuatan benda-benda yang memiliki penampang berbentuk silindris seperti membuat poros lurus, membuat reamer, memotong, membuat lubang atau membuat dimensi lubang lebih besar, champering, membuat alur atau ulir dan mengkartel.

Mari kita mengenal mesin bubut dengan mengetahui bagian-bagian utama yang terdapat pada mesin bubut ini.

Bagian Utama Mesin Bubut
bagian utama mesin bubut
Bagian utama mesin bubut terdiri dari 8 bagian yaitu Head Stock, Tail Stock, Bed, Carriage, Chuck, Tool Post, Feed Shaft dan Lead Screw.

Head Stock adalah tempat/dudukan untuk chuck (cekam), pelat pembawa driving plate maupun face plate, kollet dan senter tetap

Tail Stock adalah tempat/ dudukan untuk memasang chuck drill (cekam bor), mata bor bertangkai tirus, senter putar (rotary centre) dan senter tetap. Cara memasangnya dengan memasukan pada lubang tirus pada Tail Stock.

Bed Machine merupakan titik tumpu proses pembubutan, digunakan sebagai tempat /dudukan Tail Stock, Carriage, penyangga diam (steady rest).

Carriage (eretan) terdiri dari tiga bagian/elemen diantaranya longitudinal carriage (eretan memanjang), cross carriage (eretan melintang) dan top carriage (eretan atas).
  • Longitudinal carriage digunakan ketika proses pembubutan pada arah memanjang mendekati atau menjauhi spindle mesin baik secara manual atau otomatis sepanjang Bed mesin dan sekaligus sebagai dudukan cross carriage.
  • Cross carriage digunakan ketika proses pembubutan posisi melintang mendekati atau menjaui sumbu senter secara manual/otomatis dan sekaligus sebagai dudukan top carriage.
  • Top carriage digunakan ketika proses pembubutan dilakukan ke arah sudut yang dikehendaki sesuai penyetelannya.
Lead Screw merupakan shaft berulir memanjang. Ketika lead screw bergerak memutar maka carriage akan bergerak sesuai setingan automatis maupun melalui gerakan secara manual. Pemeliharaan pada lead screw dengan menjaga kondisinya selalu terdapat pelumasan yang cukup untuk mencegah keausan.

Feed Shaft adalah sumbu/shaft yang diperlukan untuk menggerakan carriage ketika proses bubut. Sama halnya dengan lead screw, feed shaft harus selalu kondisi terlumasi untuk mencegah keausan shaft dan kemacetan perpindahan carriage.

Tool Post (penjepit/pemegang pahat) digunakan untuk menjepit atau memegang pahat.

Chuck atau cekam merupakan bagian utama mesin bubut yang berfungsi untuk memegang benda kerja selama proses bubut berlangsung.

Perlengkapan Mesin Bubut Standar

Selain bagian - bagian utama mesin bubut, proses pembubutan dilengkapi juga dengan beberapa pendukung alat lainnya seperti collet chuck, alat pembawa, alat penyangga/penahan dan alat bantu pengeboran.

Collet chuck (cekam kolet) digunakan pada saat benda kerja memerlukan penjepit karena benda kerja tersebut memilki permukaan relatif halus dan berukuran kecil.

Alat pembawa pada mesin bubut berupa pelat pembawa dan pembawa (lathe dog).

Jenis pelat pembawa:
  • Pelat pembawa permukaan bertangkai (driving plate)
  • Pelat pembawa permukaan rata (face plate).
Alat penyangga/penahan benda kerja:
  • Penyangga
  • Senter (senter tetap/mati dan senter putar).
Alat penyangga akan digunakan ketika benda kerja memiliki dimensi relatif panjang sehingga perlu ada penyangga untuk menahan benda kerja tersebut. Penyangga terdiri dari penyangga tetap (steady rest) dan penyangga jalan (follow rest).

Penyangga tetap posisinya tidak berpindah mengikuti pergerakan carriage saat pembubutan karena penyangga tetap dipasang pada bed machine.

Sedangkan penyangga jalan akan selalu mengikuti pergerakan carriage sesuai dengan posisi pemasangannya yang dipasang pada bagian longitudinal carriage.

Alat pendukung proses pembubutan lainnya adalah senter. Terdapat 2 jenis senter:
  • Senter tetap/mati (ujung senter tidak berputar ketika proses pembubutan)
  • Senter putar (ujung senter selalu berputar ketika proses bubut)
Terakhir yaitu peralatan pendukung proses bor yang berfungs untuk mengikat alat potong bor termasuk rimer, konterbor dan kontersing pada proses pembubutan. peralatan pendukung proses bor pada mesin bubut terdiri dari cekam bor dengan kunci dan cekam bor tanpa pengunci (keyless chuck drill).
Umar A
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui Contact us. Salam

Random Posts

Loading posts