Cara Menentukan Jenis Valve Sesuai Kebutuhan Proyek

Menentukan jenis valve ketika penggantian valve karena valve sudah mengalami kerusakan atau umur pakai valve sudah terpenuhi, mungkin tidak sulit karena sudah tersedia data jenis valve yang akan diganti.

Bagaimana jika menghadapi suatu proyek baru atau modifikasi instalasi yang sudah ada dan terdapat kebutuhan valve, apakah dapat diketahui apa jenis valve yang sesuai proyek?

Kemungkinan penentuan jenisi valve yang diperlukan akan sedikit mengalami kesulitan.

Dan berikut solusinya, cara menentukan jenis valve sesuai kebutuhan proyek yang dapat dilakukan dengan 2 langkah berikut ini:
  1. Penentuan fungsi valve yang dibutuhkan
  2. Kesesuaian di lapangan
cara menentukan jenis valve sesuai kebutuhan proyek
1. Penentuan fungsi valve yang dibutuhkan

Berikut merupakan beberapa pilihan dalam menentukan jenis valve sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan.

Gunakan valve untuk menutup dan membuka media jika jalur aliran media berupa jalur lurus dengan hambatan aliran kecil dan biasanya dipilih sebagai valve untuk media cut-off dan terbuka.

Gunakan valve untuk mengontrol aliran jika menghendaki jumlah media yang ingin dialirkan. Pilih valve seperti globe valve karena ukuran dudukannya sebanding dengan langkah penutupan. Valve putar (steker valve, butterfly valve, ball valve), valve penjepit dan valve diafragma juga dapat digunakan untuk kontrol pelambatan, tetapi biasanya hanya tersedia dalam kisaran ukuran valve yang terbatas.

Gunakan valve untuk pengalihan jika yang diperlukan adalah pemisahan komutasi. Jenis ball valve dan steker valve lebih sesuai untuk tujuan ini tetapi jenis valve lain dapat digunakan untuk pemisahan komutasi dengan menghubungkan dua valve atau lebih.

Gunakan valve untuk media partikel tersuspensi jika media memiliki partikel tersuspensi yang mampu menyeka bagian geser di sepanjang permukaan penyegelan. Jika gerakan penutupan penutup ke dudukan valve adalah vertikal, dimungkinkan untuk menahan partikel, sehingga valve hanya cocok untuk media yang sangat bersih kecuali bahan permukaan penyegelan memungkinkan penggabungan partikel. Ball valve dan steker valve memiliki tindakan menyeka pada permukaan penyegelan selama proses pembukaan dan penutupan, sehingga cocok untuk digunakan dalam media dengan partikel tersuspensi.

2. Kesesuaian di lapangan

Langkah kedua dalam menentukan jenis valve sesuai kebutuhan proyek adalah memastikan kesesuaian dengan kondisi di lapangan yaitu:

Pastikan penggunaan valve, untuk peralatan atau perangkat serta kondisi lingkungan valve, media, tekanan kerja dan suhu kerja.

Identifikasi diameter nominal dan metode sambungan antara pipa dan valve apakah sambungan flange, ulir atau sambungan las

Cara mengoperasikan valve yang dibutuhkan, secara manual, listrik, elektromagnetik, pneumatik atau hidrolik.

Tentukan bahan casing dan bagian internal valve yang dipilih sesuai dengan media, tekanan kerja dan suhu kerja, apakah harus menggubakan casing besi cor kelabu, besi cor lunak, besi ulet, baja karbon, baja paduan atau paduan tembaga

Jika akan menggunakan valve otomatis maka tentukan hambatan aliran yang diizinkan, kapasitas pelepasan dan tekanan balik sesuai kebutuhan yang berbeda, kemudian tentukan diameter nominal pipa dan diameter lubang dudukan.

Tentukan parameter geometris valve yang dipilih diantaranya panjang struktural, bentuk dan ukuran sambungan flange, dimensi arah ketinggian valve setelah membuka dan menutup, ukuran lubang baut, jumlah sambungan dan dimensi valve secara keseluruhan.

Memahami sifat media kerja apakah mengandung partikel padat, beracun, mudah terbakar atau media eksplosif

Catatan:

Jika valve akan digunakan untuk tujuan kontrol, parameter tambahan berikut harus ditentukan yaitu metode operasi, persyaratan aliran maksimum dan minimum, penurunan tekanan untuk aliran normal, penurunan tekanan saat shutdown, tekanan masuk maksimum dan minimum untuk valve.

Jika masih mengalami kesulitan dalam pemilihan valve walaupun sudah menerapkan 2 langkah di atas maka tidak ada salahnya meminta bantuan informasi dari Engineering produsen valve.
Umar A
Hi, I'm a production head and currently looking for a job as a production manager for the Tangerang area

Related Posts