4 Upaya Menjaga Kesehatan Saat Bekerja Malam Dalam Sistem Kerja 2 Long Shift

4 upaya menjaga kesehatan saat bekerja malam dalam sistem kerja 2 long shift terkait diantara pembagian shift kerja maka sistem shift ini paling memiliki resiko tertinggi timbulnya penyakit akibat kerja diantaranya angin duduk, masuk angin, kepala pusing, maag, BAB, diabetes tingkat 2, resiko kanker payudara bagi pekerja wanita, naiknya gula darah dan tekanan darah serta kolestrol, obesitas dan gangguan fungsi otak

Long shift hanya terdiri 2 shift 2 group dengan pergantian shift setiap bulan. Pengaturan jam kerjanya:
  • Shift 1: jam 08.00 - 18.00
  • Shift 2: jam 19.00 - 05.00 hari berikutnya.
Jam kerja sangat tinggi menyebabkan kelelahan fisik sehingga biasanya jarang ditemukan pengaturan long shift dalam enam hari kerja, maksimal sampai lima hari kerja saja.

Berikut 4 upaya menjaga kesehatan saat bekerja malam dalam sistem kerja 2 long shift:
  1. Keseimbangan tidur
  2. Keseimbangan makanan
  3. Refreshing dan olah raga
  4. Mengelola stres

1. Keseimbangan Tidur

Orang dewasa bisasanya membutuhkan waktu tidur normal sekitar 7 sampai 9 jam setiap hari. Ketika mengikuti kerja shift maka waktu tidur tetap harus seimbang mendekati 7 - 9 jam setiap hari melalui pembagian 3 waktu tidur berikut:

Waktu tidur 1: 06.30 - 11.30 (5 jam).
Jam kerja shift 2 long shift berakhir pukul 05.00 selanjutnya adalah perjalanan pulang dan sarapan sekitar 1,5 jam. Jadi jam 06.30 sudah bisa istirahat tidur sampai jam 11.30.

Waktu tidur 2: 13.00 - 16.00 (3 jam).
Perhatikan bahwa terdapat interval 1,5 jam antara jam 11.30 sampai jam 13.00 maka gunakan untuk berinteraksi bersama keluarga dan makan siang. Jam 16.00 sudah segar bugar kemudian mempersiapkan diri menghadapi pekerjaan shift malam.

Waktu tidur 3: Setengah jam sebelum berangkat kerja dan setengah jam saat jam istirahat.
Waktu tidur 3 adalah ketika waktu tidur 1 atau waktu tidur 2 terganggu karena ada urusan penting.

2. Keseimbangan Makanan

4 upaya menjaga kesehatan saat bekerja malam

Makanan 4 sehat 5 sempurna sangat dianjurkan untuk dikonsumsi seperti sayuran dan buah - buahan yang memiliki zat anti oksidan tinggi. Makanan berlemak sebaiknya dikurangi atau diganti makanan berserat.

Godaan saat bekerja shift malam berupa memakan camilan, gorengan dan makanan instan bahkan ketika jam istrirahat seharusnya makan malah ngemil dan ngopi. Ini sebaiknya dihindari karena akan menimbulkan resiko tekanan darah dan kolestrol tinggi serta obesitas.

Lebih berbahaya lagi jika tanpa makan sama sekali, misalnya hanya ngopi dan merokok. Padahal seharusnya sudah diketahui bahwa udara dingin malam mengakibatkan masuk angin dan angin duduk. Jangan biarkan perut kosong selama bekerja shift malam.

Tidak hanya keseimbangan asupan makanan tetapi asupan air pun harus seimbang. Seseorang dapat bertahan seminggu tanpa makan tetapi tidak akan bertahan tanpa air minum. Begitu pentingnya air minum ini bahkan menduduki urutan kedua setelah oksigen. Memang ketika bekerja shift malam paling cepat buang air tetapi itu bukan alasan untuk mengurangi jatah harian air minum untuk kebutuhan tubuh agat tetap sehat.

Hindari minuman suplemen seperti kafein dan penambah energi. Tetap bergerak aktif agar kantuk menghilang.

3. Refreshing dan Olah Raga

Segarkan fikiran dan badan dengan melakukan refreshing dan olah raga di hari minggu. Bentuk refreshing diantaranya jalan bareng keluarga ke tempat wisata / tempat hiburan, mancing bersama keluarga, silaturahmi ke sodara atau teman diluar pekerjaan dan rekreasi bersama rekan kerja.

Salurkan minat olah raga seperti futsal, bulu tangkis serta minat olah raga lainnya bersama rekan sesama hobi. Keringat hasil olah raga adalah sehat karena akan membuang racun dari dalam tubuh. Olah raga ringan seperti jalan dan lari kecil bisa dilakukan 3 kali seminggu untuk menjaga kebugaran setiap hari.

4. Mengelola Stres Akibat Pekerjaan

Stres akibat pekerjaan dapat menghampiri disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

Stres karena target pekerjaan harian belum selesai sesuai rencana shift sebelumnya sehingga apa bila belum selesai dikerjakan di shift malam maka akan mengganggu target output mingguan.

Hal ini terjadi pada kondisi terdapat masalah kekurangan suplai material, tidak ada alat, salah pendelegasian di awal shift malam dan kekurangan SDM. Cara mengatasinya dengan melakukan upaya alternatif terbaik mengganti pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dengan koordinasi kepada lawan shift jika mereka belum tidur. Buat laporan kendala yang dihadapi seperti dituangkan pada form serah terima shift atau di infokan pada grup sosial media.

Stres karena sudah lebih dulu memahami resiko tinggi dalam bekerja malam di sistem kerja shift dan tidak bisa berkelak dari kenyataan ini karena masih perlu gaji, betul?

Mungkin stres akan berkurang ketika perusahaan memberikan tunjangan khusus untuk para pekerja shift ketika bekerja di malam hari. Bentuknya bisa berupa tambahan tunjangan shift, uang makan shift malam dan ekstra puding. Tentang nilainya biasanya disesuaikan kemampuan perusahaan.

Stres karena tidak bisa beristirahat di waktu tidur saat sudah memejamkan mata tetapi kantuk tidak datang. Cara mengatasinya adalah dengan asupan makanan atau minuman hangat yang memiliki kemampuan mendatangkan kantuk, contohnya sayur kangkung, susu hangat dan lainnya.

0 Comments

Posting Komentar

Admin akan berupaya membalas setiap komentar Anda kecuali dari Anonim akan dibalas berdasarkan pertimbangan tertentu. Terima kasih