3 Cara Memperbaiki PLC Mati Total

Penyebab PLC mati total diantaranya tidak ada sistem pendingin panel, kotoran dan tidak tersedia power supply stabilizer tegangan untuk power PLC. Selain itu, kualitas PLC juga mempengaruhi keandalan untuk penggunaan dalam waktu lama. Terjadinya PLC mati total mengakibatkan mesin berhenti beroperasi.

Untuk mengetahui bahwa PLC mati total adalah dari tidak ada lampu indikator hidup sama sekali baik lampu indikator input, output atau lampu indikator status PLC (Run / Stop) padahal sumber tegangan PLC tersedia sesuai spesifikasi kebutuhan tegangan PLC.
cara memperbaiki plc
Memperbaiki PLC mati total dapat dilakukan melalui 3 cara berikut yaitu:
  1. Memperbaiki komponen rusak
  2. Mengganti PLC
  3. Modifikasi rangkaian kontrol
1. Memperbaiki komponen rusak

Lepas PLC dari panel dengan cara melepaskan semua sambungan kabel input, output dan sumber tegangan tetapi terlebih dulu menandai setiap kabel agar saat pemasangan kembali sesuai posisinya.

Buka casing PLC. Setelah itu akan kita dapatkan electronic circuit board tediri dari sejumlah komponen elektronik.

Lakukan pemeriksaan setiap komponen elektronik untuk mengetahui adanya komponen elektronik terbakar, rusak atau solderan terlepas.

Jika kita berhasil menemukan adanya kerusakan salah satu komponen elektroniknya maka berikutnya adalah melakukan penggantian komponen elektronik baru sesuai spesifikasi komponen lama.

Hati - hati saat melakukan pemeriksaan jangan sampai terjatuh atau menggores rangkaian PCB komponen serta hindari pembersihan komponen menggunakan tangan karena belum tentu tangan kita bersih atau kering dari keringat.

Beberapa kendala mungkin timbul saat melakukan perbaikan komponen elektonik PLC mati total adalah:
  • Tidak ditemukan komponen rusak sehingga kesulitan untuk menentukan mana komponen harus diperbaiki / diganti
  • Tidak ditemukan alur circuit yang terlepas solderannya
  • Menemukan komponen rusak tetapi tidak ada identitas komponen tersebut
  • Menemukan komponen rusak tetapi sulit melakukan pelepasan karena dapat menyebabkan kerusakan circuit
  • Belum tersedia komponen pengganti saat ini
Kendala di atas menyebabkan perbaikan PLC belum membuahkan hasil sehingga kita mencoba cara kedua yaitu mengganti PLC.

2. Mengganti PLC

PLC pengganti wajib menggunakan merk dan spesifikasi sama dengan PLC mati total karena program PLC default harus sesuai sistem kontrol mesin.

Kecuali kita mampu melakukan pemrograman sendiri sehingga PLC apapun dapat dirubah programnya sesuai program pada PLC mati total.

Cara kedua ini ditempuh dengan membuat PR (Purchase Request) PLC baru, selanjutnya Purchasing akan mencari / membeli PLC baru sesuai prosedur proses pembelian.

Dan pastinya bahwa saat ini belum ada PLC berharga murah.

Beberapa kendala mungkin timbul saat melakukan penggantian PLC baru:
  • Merk dan tipe PLC belum tersedia di dalam negeri dan belum ada distributor lokal sehingga mengharuskan melakukan import
  • Tidak tersedia display di PLC untuk merubah program
  • Belum memiliki software ladder diagram
  • Belum ada orang yang memiliki skill di program PLC
  • Lead time proses pembelian terlalu lama sementara mesin harus segera operasi
Kendala ini menyebabkan penggantian PLC baru mengalami kesulitan sehingga kita bisa mencoba cara terakhir yaitu modifikasi rangkaian kontrol.

3. Modifikasi rangkaian kontrol

Modifikasi rangkaian kontrol bertujuan agar fungsi PLC dapat dihilangkan, diganti oleh beberapa relay, timer dan lainnya.

Modifikasi bisa juga melalui cara by pass rangkaian kontrol jika sistem kontrol sangat sederhana seperti contoh gambar dibawah.
wiring diagram PLC sederhana
Wiring Diagram PLC Sederhana

Dari gambar, kita bisa melakukan modifikasi melalui cara bypass internal relay PLC langsung dari input menuju output sesuai sistem kerjanya. Input berupa switch, tombol, limit switch dan lainnya dan tanpa PLC akan menghidupkan relay / kontaktor output dengan tegangan tersedia 110 V seperti gambar di atas.

Modifikasi rangkaian kontrol wajib memperhitungkan safety pada manusia, safety alat, kecepatan proses dan masa berlaku garansi mesin.

Pada mesin baru, umpamanya bergaransi 5 tahun, maka jika dilakukan modifikasi rangkaian kontrol sebelum 5 tahun, otomatis garansinya akan gugur.

Agar modifikasi rangkaian kontrol dapat dilakukan maka harus tersedia SDM yang memiliki kemampuan dalam sistem kontrol mesin industri.

Bagaimana mencegah agar tidak terjadi PLC mati total di kemudian hari?
  • Tingkatkan perawatan mesin
  • Pastikan dalam panel sudah tersedia sistem pendinginannya seperti adanya exhaust fan
  • Pastikan rancangan kontrol PLC dilengkapi stabilizer tegangan
  • Sebaiknya pilih pemakaian PLC yang lebih berkualitas
Umar A
Hi, I'm a production head and currently looking for a job as a production manager for the Tangerang area

Related Posts