Sukses Interview Tahap 1 Dengan HR Dalam Proses Melamar Pekerjaan

Kunci sukses saat interview tahap 1 dengan HR sebagai perekrut dari perusahaan yang dilamar dalam proses melamar pekerjaan adalah melengkapi data diri melalui persiapan secara matang data diri yang diperlukan disertai kelengkapan dokumen valid sebagai bukti data diri sehingga akan membuat perekrut lebih mempercayai untuk menerima lamaran kerja tersebut.

Sedikit membingungkan ketika datang panggilan tes lamaran kerja, perkara waktunya berbenturan waktu kerja karena mau mengambil cuti sudah tidak sempat terkait pengajuan cuti biasanya diajukan minimal seminggu sebelum hari cuti.

Tetapi itulah konsekuensi supaya dapat memenuhi undangan test tahap 1 mengorbankan hari kerja 1 hari berbanding resiko pemotongan gaji sebesar jumlah upah dibagi 21 hari ditambah catatan absensi menjadi kurang bagus dalam arsip HR.

Itupun belum tentu diterima bekerja atau lolos tahap 1 dan menuju tahap tes berikutnya.

Setelah sebelumnya menebar lamaran kerja di berbagai perusahaan dibekali "5 dokumen wajib disiapkan untuk melamar kerja". Kini tiba saatnya menindak lanjuti panggilan tes dari HR perusahaan perekrut.

Secara umum proses seleksi karyawan baru pada posisi staff biasanya akan melalui 3 tahapan tes berikut:
  • Tahap 1 : Interview HR
  • Tahap 2 : Interview User
  • Tahap 3 : Interview GM, Direksi atau owner
sukses interview tahap 1

Sepertinya CV saja tidak cukup sehingga pada awal pertama tes tahap 1 ini disuguhi keharusan melengkapi data diri dalam formulir data calon karyawan.

Boleh percaya atau tidak durasi pengisian data calon karyawan bisa memakan waktu 1 jam. Beruntung ada sebagian perusahaan mengirimkan formulir ini terlebih dulu via email sebelum tes tahap 1 sehingga bisa diisi santai di rumah dan saat bertemu perekrut tinggal membawa print formulir ini.

Mari kita intip poin apa saja di dalam formulir data calon karyawan agar bisa lebih menyikapi dan menyiasati jauh hari sebelum menghadapi langsung formulir ini.

Header formulir data calon karyawan meliputi judul formulir yaitu data calon karyawan, nama perusahaan recruiter, alamat perusahaan, jabatan atau posisi lamaran dan referensi. Pada bagian header formulir data calon karyawan harus diisi adalah bagian posisi atau jabatan lamaran serta referensi.

Body formulir data calon karyawan terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

A. Identitas diri
Meliputi nama lengkap, nama panggilan, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, usia, agama, tinggi badan, berat badan, kewarganegaraan, suku, status perkawinan, alamat sesuai eKTP, alamat tinggal saat ini, nomor ponsel, nomor ID seperti eKTP atau SIM, status rumah saat ini, kegiatan waktu luang dan terakhir pas foto.

B. Data keluarga
Meliputi nama ayah, ibu dan saudara kandung, istri dan anak berikut jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir dan pekerjaan terakhir setiap nama dalam daftar data keluarga.

C. Riwayat pendidikan
Meliputi pendidikan formal dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi berikut nama sekolah, kota, periode pendidikan, jurusan, tahun lulus setiap sekolah dalam daftar riwayat pendidikan formal. Jika terlalu banyak kata untuk menyebutkan tahapan pendidikan formal maka tulis pendidikan terakhir saja beserta keterangannya.

Pendidikan non formal dengan keterangan jenis pendidikan, bidang/judul/topik, penyelenggara, kota, lama pendidikan non formal, tahun dan keterangan siapa pembiaya pendidikan non formal tersebut.

D. Kemampuan khusus
Umumnya terdiri dari penguasaan bahasa asing dan bahasa daerah serta penguasaan komputer tergantung dari kebutuhan perusahaan. Penguasaan bahasa meliputi kemampuan bahasa dalam mendengar, berbicara, membaca dan menulis dengan penilaian kurang, cukup atau bagus.

Penguasaan komputer meliputi kemampuan dalam program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, database dan lainnya.

E. Riwayat pekerjaan
Dimulai pekerjaan terakhir. Pengisian data perusahaan meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telepon, bidang usaha. Pengisisian data diri meliputi tanggal masuk kerja, tanggal keluar kerja atau masih bekerja sampai saat ini, jabatan, jobdesc, departemen, nama atasan terakhir, gaji terakhir, status karyawan dan alasan keluar.

Kadang - kadang perekrut ingin mengintip berapa besarnya penerimaan upah sehingga meminta slip gaji terakhir Anda.

F. Aktivitas sosial
Sebutkan aktivitas sosial meliputi nama organisasi, jenis kegiatan organisasi, tahun dan jabatan terakhir. Jika tidak mempunyai aktivitas sosial bagian ini dilewati saja.

G. Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda
Umumnya akan diminta 5 kelebihan dan 5 kekurangan Anda. Contoh kelebihan diri seperti percaya diri, integritas, rapi, bertanggung jawab dan team work. Contoh kekurangan diri seperti perfeksionis, kurang toleransi, penyendiri, perhitungan matematika lemah dan tidak mempercayai orang lain 100%.

Sering ditanyakan perekrut adalah pada sisi kelemahan diri. Untuk menaikan citra diri agar sebenarnya tidak ada kelemahan pada diri kita sebaiknya dipersiapkan jawabannya sebagai balancing pada kelemahan diri tersebut.

Contohnya kelemahan diri pada sifat penyendiri, diberikan keterangan bahwa dengan menyendiri akan lebih mudah mendapatkan solusi dari permasalahan kerja karena tidak terganggu aktivitas orang lain.

H. Sakit atau kecelakaan yang pernah dialami
Meliputi jenis penyakit atau kecelakaan, periode, tahun, opname dan gangguan sampai sekarang.

baca juga: 5 Dokumen Ini Wajib Disiapkan Untuk Melamar Pekerjaan

Daftar pertanyaan yang diajukan:
  1. Apakah Anda pernah melamar di perusahaan ini sebelumnya?
  2. Selain disini apakah Anda juga melamar ke perusahaan lain?
  3. Apakah Anda memiliki pekerjaan sampingan?
  4. Bila masih bekerja, apakah Anda masih terikat kontrak perusahaan sekarang?
  5. Apakah Anda pernah ikut psikotest? Dimana? Untuk keperluan apa?
  6. Apakah Anda bersedia ditugaskan keluar kota?
  7. Apakah Anda bersedia ditempatkan diluar kota?
  8. Adakah kenalan / saudara bekerja disini? Siapa? Sebutkan nama dan hubungan dengan Anda
  9. Pernahkah berurusan dengan aparat hukum / polisi? Dalam urusan apa?
  10. Apakah Anda merokok? Bila YA, berapa batang dalam sehari?
  11. Bersediakah Anda tidak merokok selama jam kerja?
  12. Bila Anda perempuan, apakah saat ini Anda sedang hamil?
  13. Bila Anda perempuan, bersediakah Anda tidak mengambil cuti melahirkan sebelum masa kerja 1 (satu) tahun?
  14. Apakah Anda berlangganan koran / tabloid?
  15. Penghargaan / prestasi apa yang pernah Anda peroleh?
  16. Hal menarik apa menyebabkan Anda melamar disini?
  17. Bidang pekerjaan / jenis tugas bagaimana yang tidak Anda sukai?
  18. Bidang pekerjaan / jenis tugas bagaimana yang Anda idamkan?
  19. Berapa penghasilan dan fasilitas apa yang Anda harapkan?
  20. Bila diterima, kapan Anda siap mulai kerja?
  21. Sebutkan minimal 2 (dua) orang bukan keluarga dan dapat dihubungi untuk diminta rekomendasi
Pertanyaan terakhir adalah jika diterima bekerja, hal apa saja yang ingin dicapai untuk kemajuan perusahaan. Salah satu contoh jawaban pertanyaan terakhir ini seperti dibawah ini (posisi manager produksi):
"Saya akan meningkatkan output produksi dengan efisiensi terhadap 7 pemborosan dan 6 kerugian besar dengan tetap menjaga quality melalui QCC dan 7 tools untuk mencapai zero defect"

0 Comments

Posting Komentar

Admin akan berupaya membalas setiap komentar Anda kecuali dari Anonim akan dibalas berdasarkan pertimbangan tertentu. Terima kasih