Contoh Pertanyaan Berikut Jawaban Antara Perekrut Dan Pelamar Kerja

Sejumlah pertanyaan dari HRD perekrut kepada pelamar kerja yang wajib dijawab dengan jawaban paling tepat saat interview lamaran kerja dan disini akan ditampilkan beberapa contoh pertanyaan tersebut berikut jawaban antara perekrut dan pelamar kerja versi penulis karena jawabannya berbeda dari yang pernah ada secara umum.

Pada situasi contoh ini si pelamar kerja sedang melamar pekerjaan sebagai kepala pabrik di perusahaan baru.

1. Apa pencapaian terbesar anda di pekerjaan / kehidupan anda dan mengapa hal tersebut penting buat anda?

Jawab : Pencapaian terbesar saya saat ini dalam pekerjaan adalah bisa memiliki pekerjaan sebagai Manager Produksi membawahi 505 pekerja tidak langsung dan bisa membuat goal output teringgi $119.000,- /week sehingga mendapatkan mega rewards Team sebesar Rp. 2.000.000,-. Pencapaian ini penting karena sebagai standar atau barometer pencapaian saya yang lebih tinggi dari sekarang.

Pencapaian terbesar saya dalam kehidupan saat ini adalah memiliki 2 orang anak dan bisa membiayai sekolah mereka serta dapat mendidik mereka agar bisa berbakti pada orang tua. Keluarga adalah penting untuk motivasi saya dalam bekerja.

contoh pertanyaan berikut jawaban antara perekrut dan pelamar kerja

baca juga: Quality Time atau Quantity Time Mana Yang Lebih Penting

2. Mengapa anda tertarik untuk melamar pekerjaan ini?

Jawab : Ini adalah kesempatan emas buat saya untuk menerapkan ilmu dan pengalaman kerja 2 bidang sekaligus yaitu Maintenance dan Produksi serta penerapan bidang lainnya yang sudah saya pelajari dan pahami untuk diterapkan seperti diantaranya pemahaman PPIC, Quality Control dengan 7 tools nya, warehouse management, karena wewenang kepala pabrik dapat mewujudkannya. Saya tidak melihat faktor perusahaan yang dilamar adalah besar atau kecil tetapi saya hanya akan mengembangkan setinggi tingginya perusahaan yang sedang dihadapi.

Dua pertanyaan pembuka di atas pada beberapa perekrut perusahaan merupakan pertanyaan yang disebut proses screening awal saat mengundang kandidat untuk interview yang disampaikan melalui email. Kandidat akan memberikan balasan email dengan menyetujui memenuhi undangan wawancara berikut dilampirkan jawaban kedua pertanyaan tersebut.

Bagian paragraf terakhir email screening awal biasanya terdapat moto: Jika anda tidak sekedar ingin bekerja saja, tetapi juga belajar dan bertumbuh bersama di Sekolah kehidupan ini, kami membuka peluang bagi ANDA untuk bergabung bersama "nama brand" WINNING TEAM

Pertanyaan selanjutnya saat interview langsung antara HRD perekrut dengan kandidat pekerja yang sebelumnya telah melengkapi data diri dengan cara seperti yang dijelaskan dalam artikel "Sukses Interview Tahap 1 Dengan HR Dalam Proses Melamar Pekerjaan"

3. Apa kebanggaan Anda selama hidup?

Jawab: Saya tidak biasa membanggakan diri dalam hidup ini dengan kelimpahan materi, jabatan, pangkat dan pengetahuan karena semua hal tersebut adalah relatif. Yang bisa saya banggakan adalah saya sudah bisa menjadi ayah yang baik dan mampu membiayai kehidupan keluarga.

Rendah hati adalah kunci jawaban pertanyaan ini. Jangan menunjukan superioritas Anda terlebih dihadapan si pewawancara karena yang diinginkan adalah dapat menarik hati perekrut agar proses lamaran berlanjut ke tahap selanjutnya.

4. Apa yang paling disesali dalam hidup Anda?

Jawab: Yang paling disesali dalam hidup saya adalah tidak memiliki kesempatan untuk meminta maaf kepada almarhum ayah saya yang telah membesarkan saya dengan susah payah karena sekarang saya telah mengerti perjuangan mencari sepeser uang sangat sulit.

Kira - kira jawaban ini yang terbaik dari jawaban lainnya seperti pernah ada seorang kandidat yang menjawab dengan pertanyaan sama dan menjawab dengan bentuk penyesalannya tidak menerima undangan interview di salah satu perusahaan pavorit sehingga sekarang harus mencari lagi beberapa lowongan kerja.

5. Kenapa Anda melamar pekerjaan ini?

Jawab: Latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja selama ini dan keyakinan bahwa dengan pekerjaan yang sedang dilamar ini merupakan jalur paling sesuai dalam perjalanan karir saya.

Pertanyaan ini sebenarnya mirip pertanyaan screening awal di atas sehingga sangat mudah dapat memberikan jawabannya yang tentunya mirip juga dengan jawaban di atas.

6. Apa yang Anda cari dalam pekerjaan?

Jawab : Keberkahan

Ini merupakan jawaban versi penulis karena sebenarnya ketika dilakukan survey pada beberapa pelamar kerja banyak memberikan jawaban seperti kenyamanan, gaji, karir dan pengalaman baru. Dan itu pilihan Anda sendiri sesuai pengalaman yang diperoleh.

Pertimbangannya:
  • Jika mencari pengalaman kerja maka Anda belum siap untuk menduduki posisi yang dilamar.
  • Jika mencari karir maka Anda memiliki persepsi kurang bagus dimata perekrut karena ditempat kerja sekarang Anda tidak bisa mengembangkan karir Anda
  • Jika mencari gaji maka perekrut akan menilai periode kerja Anda pendek terkait akan selalu berupaya melamar pekerjaan untuk mencari gaji lebih tinggi.
  • Jika mencari kenyamanan maka Anda akan dinilai berpuas diri dengan mendapatkan posisi yang dilamar dan cenderung kurang agresif untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan kedepannya.

7. Apa cita-cita Anda dalam hidup?

Jawab: Bisa menjadi seseorang yang bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, orang tua, saudara dan orang lain.

Anda bisa menambahkan penjelasannya misalnya untuk bisa bermanfaat maka saya harus memiliki kelimpahan materi, kelimpahan waktu atau kelimpahan pengetahuan sehingga dapat membantu orang sekitar.

8. Pilih 1 kelebihan Anda yang bisa kami pertimbangkan cocok dengan pekerjaan ini!

Menjawab pertanyaan ini harus sedikit cermat dan hati - hati. Pilihan jawaban harus ada hubungannya atau yang paling mendekati hubungan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.
Jawaban seperti kelebihan saya percaya diri, semangat, loyalitas, integritas, suka tantangan atau bertanggung jawab adalah jawaban benar tetapi kurang tepat untuk pekerjaan yang dilamar.

Cermati bahwa kelebihan kita yang dimaksud dalam pertanyaan ini yang ada hubungannya dengan posisi pekerjaan yang dilamar adalah kamuflase dari pertanyaan apakah skill atau kemampuan kita sebagai acuan untuk memegang pekerjaan ini.

Contoh jawabah tepat dalam hubungannya dengan posisi yang dilamar (kepala pabrik) adalah : 1 kelebihan saya adalah memahami perhitungan time base manufacturing.

9. Apakah gambaran Anda tentang perusahaan yang Anda lamar ini?

Sebelum memenuhi undangan interview sebaiknya mengetahui terlebih dulu profil perusahaan yang dilamar salah satunya mengunjungi website perusahaan. Pelajari bidang usaha perusahaan, visi dan misi perusahaan dan sejarahnya sehingga jika ada pertanyaan seperti ini Anda bisa gampang menjawabnya.

Bagaimana kalau Anda tidak sempat mempelajarinya terlebih dulu? Anda sama sekali blank dengan perusahaan yang sedang Anda lamar. Satu kata kuncinya adalah produk yang dibuat, misalnya ternyata perusahaan ini memproduksi ban sepeda, dan Anda mengetahuinya sesaat setelah perekrut memberitahukan.

Anda bisa menjawab pertanyaan gambaran perusahaan yang sedang Anda lamar seperti contoh berikut:
Perusahaan ini memproduksi ban sepeda merk abcd dan baru beroperasi 2 tahun tetapi kualitas hasil produk ban sepeda sangat bagus (berikan pujian) yang saya ketahui saat tetangga saya mengganti ban sepeda anaknya dengan merk ini (alasan) dan sudah setahun masih awet serta tidak ada masalah. Jika saya bekerja di perusahaan ini maka akan memberikan yang terbaik agar perusahaan ini menjadi perusahaan ban sepeda nomer 1 di Indonesia dan bisa merambah ke luar negeri.

baca juga: Sukses Interview Tahap 1 Dengan HR Dalam Proses Melamar Pekerjaan

Pertanyaan lainnya diluar 9 contoh pertanyaan berikut jawabannya di atas kemungkinan besar akan muncul sesuai daftar pertanyaan perekrut dan ini hanyalah contoh berdasarkan pengalaman penulis, bukan dari sumber website yang membahas mengenai hal ini.

0 Comments

Posting Komentar

Admin akan berupaya membalas setiap komentar Anda kecuali dari Anonim akan dibalas berdasarkan pertimbangan tertentu. Terima kasih