Jenjang Pendidikan Untuk Peningkatan Karir Satpam

Pastinya setiap bidang profesi memiliki jenjang karir termasuk pada profesi sebagai satpam memiliki jenjang karir yang dapat diperoleh melalui suatu pendidikan untuk peningkatan karir satpam yaitu pendidikan Gada Pratama, Gada Madya dan Gada Utama serta pembinaan Polri dan pelatihan spesialisasi.

jenjang pendidikan untuk peningkatan karir satpam

Maka jangan lewatkan kesempatan mengikuti pendidikan ini agar semakin berkembang karir dan semakin besar pula tingkat kesejahteraan yang nantinya diterima.

1. Pendidikan Gada Pratama

Gada Pratama adalah pendidikan dasar Satpam bagi anggota maupun calon anggota satpam. Agar bisa diangkat sebagai anggota Satpam maka diperlukan persyaratan sebagai berikut
  1. Warga negara Indonesia
  2. Berhasil lulus tes kesehatan dan kesamaptaan
  3. Berhasil lulus psikotes
  4. Telah terbukti bebas Nark*ba
  5. Menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Berpendidikan terendah Sekolah Menengah Umum (SMU)
  7. Batasan ukuran tinggi badan pria terendah 165 cm sedangkan tinggi badan wanita terendah 160 cm
  8. Usia terendah 20 (dua puluh) tahun dan tertinggi 30 (tiga puluh) tahun.
Tujuan pendidikan Gada Pratama adalah mendidik para para security agar tertanam sikap mental kepribadian dan kesamaptaan fisik serta menambah pengetahuan dan keterampilan dasar dalam melaksanakan tugas Satuan Pengamanan.

Persyaratan mengikuti pendidikan Gada Pratama adalah
  1. Warga negara Indonesia
  2. Berhasil lulus tes kesehatan dan kesamaptaan
  3. Berhasil lulus tes psikotes
  4. Telah terbukti bebas nark*ba
  5. Berpendidikan terendah Sekolah Menengah Umum (SMU)
  6. Batasan ukuran tinggi badan pria terendah 165 cm sedangkan tinggi badan wanita terendah 160 cm
  7. Usia terendah 20 tahun dan tertinggi 30 tahun.
  8. Menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
baca juga: Cara Mendapatkan SKCK Online dan Offline

Durasi pendidikan Gada Pratama diselenggarakan sedikitnya dalam 232 jam pelajaran tetapi dapat terjadi penambahan durasi disesuaikan kebutuhan perkembangan industrial security.

2. Pendidikan Gada Madya

Pendidikan Gada Madya adalah pendidikan anggota Satuan Pengamanan persiapan memegang jabatan setingkat kepala regu (Danru) / supervisor keatas.

Tujuan pendidikan Gada Madya adalah mendidik para security agar tertanam mental kepribadian dan kesamaptaan fisik serta menambah pengetahuan dan keterampilan manajerial sebagai bekal dalam melaksanakan tugas setingkat komandan regu atau supervisor.

Persyaratan mengikuti pendidikan Gada Madya adalah
  1. Lulus pendidikan Gada Pratama
  2. Lulus tes kesehatan dan kesamaptaan
  3. Bebas nark*ba
  4. Pengalaman kerja lulusan SMU paling singkat 3 (tiga) tahun di bidang security.
  5. Menyerahkan surat pengantar perusahaan sebagai rekomendasi dari perusahaannya untuk mengikuti pendidikan Gada Madya kecuali peserta mandiri harus menyerahkan SKCK.
Durasi pendidikan Gada Madya diselenggarakan sedikitnya dalam 160 jam pelajaran tetapi dapat terjadi penambahan durasi disesuaikan kebutuhan perkembangan industrial security.

3. Pendidikan Gada Utama

Pendidikan Gada Utama adalah penyelenggaraan pendidikan ditujukan pada peserta calon manajer yang bertanggung jawab terhadap bidang pengamanan.

Tujuan pendidikan Gada Utama adalahmendidik para calon manajer di bidang pengamanan agar tertanam mental kepribadian dan kesamaptaan fisik serta menambah pengetahuan serta keterampilan fungsi manajemen dalam melakukan analisa tugas dan kegiatan pengamanan.

Sebagai manajer atau chief security wajib memiliki kemampuan mengelola setiap sumber daya dan mampu memecahkan berbagai masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Berbeda dari 2 pendidikan sebelumnya, pada pendidikan Gada Utama diperlukan 2 persyaratan yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan umum mengikuti pendidikan Gada Utama adalah
  1. Berhasil lulus tes kesehatan
  2. Telah terbukti bebas nark*ba
  3. Menyertakan SKCK
  4. Berhasil lulus tes wawancara.
Persyaratan khusus mengikuti pendidikan Gada Utama adalah
  1. Telah lulus pendidikan Gada Madya
  2. Security karier: pengalaman kerja sedikitnya 6 (enam) tahun
  3. D3: pengalaman kerja di bidang security sedikitnya 3 (tiga) tahun
  4. S1: pengalaman kerja di bidang security sedikitnya 2 (dua) tahun
  5. Purnawirawan terendah berpangkat Perwira Pertama (Pama)
  6. Surat rekomendasi dari perusahaan tempat peserta bekerja.
Durasi pendidikan Gada Utama adalah sedikitnya memerlukan waktu 100 jam pelajaran tetapi dapat terjadi penambahan disesuaikan kebutuhan perkembangan industrial security.

Sertifikasi Pendidikan

Setiap peserta lulus pendidikan berhak mendapatkan sertifikasi berupa ijazah kelulusan dengan mencantumkan kualifikasi pelatihan dan daftar nilai.

Sertifikasi pendidikan Gada Pratama dan Gada Madya:
  • Jika pendidikan diselenggarakan pada tingkat Mabes Polri maka sertifikasi ditandatangani oleh Kepala Bagian Binkamsa atas nama Kepala Biro Bimbingan Masyarakat (Karobimmas) Polri
  • Jika pendidikan diselenggarakan pada tingkat Polda maka sertifikasi ditandatangani oleh Kepala Birobinamitra atas nama Kapolda
Sertifikasi pendidikan Gada Utama ditandatangani oleh Karobimmas Polri

Pembinaan Polri

Pembinaan dari Polri memprioritaskan pada bagaimana melaksanakan tugas Satpam sesuai dengan kebijakan Polri di bidang Kamtibmas.

Pembinaan anggota Satpam oleh Polri meliputi
  1. Legalitas kompetensi
  2. Seragam dan atribut
  3. Registrasi dan penerbitan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan sistem manejemen penggunaannya.
baca juga: Cara Mendapatkan KTA Satpam

Pelatihan Spesialisasi Satpam

Pelatihan Spesialisasi Satpam adalah kegiatan pelatihan bertujuan untuk mendapatkan keahlian tertentu di bidang pengamanan. Pelatihan spesialisasi dilaksanakan diluar ketiga jenjang pendidikan di atas.

Sertifikasi pelatihan spesialisasi Satpam akan diberikan untuk para peserta lulus pelatihan ini dalam bentuk sertifikat tanpa daftar nilai. Sertifikasi pelatihan spesialisasi Satpam ditandatangani oleh Pejabat Instansi terkait.

Dukungan pembiayaan pelatihan spesialisasi menjadi tanggung jawab organisasi, perusahaan atau instansi / lembaga pemerintah bersangkutan sesuai dengan ketentuan.

Posting Komentar