Apa Pencapaian Terbesar Dalam Hidup?

Apa pencapaian terbesar dalam hidup adalah sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan dalam suatu interview melamar pekerjaan. Sebenarnya inti jawaban pertanyaan ini adalah tentang sukses paling besar diantara sukses besar lainnya yang sudah didapatkan dalam perjuangan kehidupan.

Tetapi jangan sampai keliru jawaban antara pencapaian terbesar dalam hidup dengan pencapaian tebesar dalam pekerjaan karena jawabannya berbeda.

Jika mendapatkan pertanyaan apa pencapaian terbesar dalam hidup maka jawabannya akan tergantung kepada situasi seperti apakah sedang interview / formal atau situasi non formal.

Ketika situasinya non formal, jawabannya bebas apa saja asalkan tidak mengandung unsur kesombongan.

Lain halnya ketika situasinya formal terutama saat interview maka jawabannya harus tepat karena ada sesuatu yang dituju yaitu dapat diterima bekerja.
Kunci jawaban pertanyaan apa pencapaian terbesar dalam hidup ketika sesi interview adalah jawaban tersebut berdasarkan sudut pandang keluarga saja.
Contoh jawaban pertanyaan 'apa pencapaian terbesar dalam hidup' saat sesi interview:

1. Anak

Pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah saat ini saya memiliki 3 orang anak, anak pertama perempuan kelas 3 SMU Negeri, anak kedua laki-laki kelas 1 SMU Negeri dan anak terakhir perempuan masih usia 4 tahun.

Saya berhasil mendidik 2 anak pertama hingga keduanya masuk sekolah negeri sesuai harapan saya agar mereka semua termasuk anak bungsu saya menjadi orang pintar dan menjadi orang pilihan.

Dan saya bertekad ketiga anak saya ini bisa melanjutkan pendidikannya sampai kuliah terutama di perguruan tinggi negeri.

2. Istri

Pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah saya baru saja menikahi seorang wanita asal Cirebon. Orangnya sungguh cantik dan soleha serta banyak diincar oleh para pria yang banyak lebih mapan dari pada saya.

Tetapi jodoh tidak lari kemana karena setelah perjuangan dan pendekatan sekitar 3 tahun lamanya saya berhasil menyunting dia menjadi istri saya.

Saya sangat bahagia sekarang bersama dia untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis sampai ajal memisahkan.

3. Orang Tua

Pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah saya sudah berhasil mengurusi pendaftaran naik haji bapak saya dengan menabung ONH di Bank Syariah Mandiri sebesar 35 juta dan 100% dari uang pribadi saya.

Saya adalah anak terakhir dari 4 bersaudara dan memiliki andil paling besar untuk keberhasilan naik haji bapak saya tersebut dan sudah tentu ini bagian dari keiklasan saya dalam berbakti kepada orang tua.

Semoga bapak saya akan secepatnya menunaikan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur

4. Pribadi

Pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah saat ini saya sudah memiliki rumah tinggal atas nama sendiri walaupun penghasilan dari gaji saya sangat standar.

Saya telah berhasil membuat perencanaan keuangan dalam beberapa tahun hingga akhirnya dapat membeli sebuah rumah masa depan untuk ditinggali bersama calon istri tercinta yang sedang dicari saat ini.

4 contoh jawaban ini membuat penanya dapat melihat pelamar kerja memiliki mental pejuang untuk keluarga sebagai faktor motivasi dalam bekerja dan kelimpahan waktu pada alokasi pekerjaan di perusahaan.

Bagaimana jika jawaban ini berdasarkan sudut pandang diluar keluarga misalnya berhubungan dengan hobi, komunitas dan usaha sampingan?

Contohnya seperti berikut:

Pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah saya sudah berhasil mengembangkan-biakan tanaman dengan harga tinggi seperti bunga Janda Bolong dengan rata - rata penjualan 20 tanaman setiap bulan secara online sehingga sekarang sudah bisa menaikan haji bapak saya, menyekolahkan anak dan merenovasi rumah idaman.

Walaupun benar jawaban ini tetapi jawaban seperti ini sebaiknya tidak disampaikan pada saat interview karena jawaban ini untuk situasi non formal. Penanya akan melihat bahwa pelamar memiliki mental pejuang tetapi tidak akan memiliki integritas penuh pada perusahaan karena perhatian cenderung kepada kepentingan pribadinya.
Umar Al Rosid
Jika artikel ini bermanfaat, bantu share ya di link share dibawah ini supaya kita mendapatkan manfaat bersama